Kamis, 09 April 2009

Membaca Keajaiban Pikiran Manusia

(nih artikel yang aQ dapet dari email q. Sengaja aq poskan karena isinya keren mampu membuka split pemikiran yang terus ngegrogotin aq).
Pernah saya membaca dalam beberapa artikel dan saya pun mengakuinya bahwapikiran manusia sungguh ajaib, kenapa? apapun yang kita cari kemungkinanakan kita temukan di dalam pikiran kita. Jadi bila kita mencari keburukan,tak akan sulit bagi anda untuk menemukannya, dan bila anda mencari keindahanjuga pasti akan anda temukan. Buktinya, banyak dari pembaca media ini dapatmembuat artikel, cerpen dan puisi yang sangat menawan. Sebagian besarpengalaman kita tergantung pada cara kita menyikapi hidup ini, ada sedikitcerita tentang dua orang tukang bangunan si Joko dan si baba yang kerjanyasama persis. Dan suatu ketika saya bertanya kepada Joko "apa yang kamukerjakan?" Joko menjawab dengan negative dan mengasihani dirinya sendiri"Aku duduk disini setiap hari, meletakan satu bata diatas bata yang lain." Sayapun beralih bertanya kepada si baba dengan pertanyaan yang sama, tetapimendapat jawaban yang berbeda dari si baba, dengan mantap penuh percaya dirisi baba berkata " Aku seorang pekerja ahli. Aku membantu membangungedung-gedung yang anda lihat disekitar anda ini, tanpa peran kugedung-gedung tersebut tak akan pernah terbangun." Dari cerita diatasjawaban dari kedua tukang bangunan tidak ada yang salah, keduanya benar.Mudah bagi anda untuk mengerti bahwa dalam kehidupan anda bisa mengalamiseperti kedua tukang bangunan tersebut dan anda dapat menyikapi dengan carayang berbeda. Yaitu cara pertama anda bisa mengambil hikmah, anugerah yangtersembunyi dalam keadaan, atau masalah yang ada dan mengambil pelajaranberharga dari setiap masalah atau keadaan yang ada. Atau anda bisa memilihsikap yang lebih umum yaitu melihat dari sisi sulit dan sisi buruknyasebagai bukti hidup ini keras dan tak adil. Saya sadari membaca tulisan initidak berarti anda akan mampu menyikapi masalah secara lebih positif, (sayapun tidak selalu bisa), tapi selalu menenangkan bisa mengetahui bahwa selaluada sisi positif dari sebuah permasalahan yang ada. Mungkin ada dari andayang berkata "tulisan Erwin adalah omong kosong " tapi mungkin beberapa andaakan bisa bertanya pada diri anda sendiri " apa pilihan yang tersedia bagikuatas keadaan/masalah yang kuhadapi saat ini.?" Satu-satunya pilihan yangpaling mudah dan umum adalah berpikir negative menyerah, kalah, berpikirpesimis. Tapi saya meminta anda untuk berfikir sejenak bahwa pilihantersebut bukan lah pilahan terbaik. Pilihan tersebut membuat situasi menjadilebih buruk, semakin sulit diatasi dan lebih berat dari keaadaan sebenarnya.Dan membuat orang disekitar anda akan merasa tertekan dan tidak aman, danmengurangi kesempatan anda untuk menyelesaikan secara efektif danmenang. Menurutingatan saya berdasarkan pengalaman hidup saya, setiap kali saya mampubersikap positif terhadap sebuah situasi, apa pun itu, sikap itu membuatsaya menjadi berkembang dan mendapatkan penyelesaian yang kreatif sertatepat sasaran. Sikap positif mencegah hari-hari buruk menjadi tambah buruk,seperti keadaan kita sedang putus cinta, gagal dalam wawancara kerja, gagalmendapat promosi, salah dalam menempatkan strategi bisnis, gagal mendapatbeasiswa, menderita kebangkrutan financial, retaknya hubungan pernikahan,dan lain-lain. Dengan bersikap positif membuat kita lebih tegar, dan kitapun dapat menemukan hikmah dibalik suatu kejadian yang menyakitkan danmemfokuskan pikiran kesana. Kita pasti bisa jika kita mau untukberlatih. Pendek kata bersikap positif membantu kita untuk tidakmeributkan masalahdan terlalu dalam. Saya mengajak sahabat-sahabat ku semua untuk berlatihberfikir positif, betapa indah kehidupan ini jika kita isi dengan berfikirpositif. Saya yakin anda pun pasti bisa. Mari bersama ciptakan kehidupanyang lebih baik dengan berfikir positif. Lebih baik memiliki sedikit ilmuuntuk diamalkan dari pada banyak ilmu tapi tak terpakai. Mari kita berfikirpositif. Melakukan perubahan kecil dengan berfikir positif sekarang, untukmencapai sukses besar kemudian adalah investasi yang tak memerlukan modaltapi menghasilkan keuntungan yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar